Terbongkar Sudah Ini dia Alasan Di Balik Misteri Mengapa Kita Menangis Ketika Mengiris Bawang?

Saat kita mengiris bawang di dapur, dengan cara tak sadar mata kita mengeluarkan air mata. Nah kurang lebih apa sebabnya ya?



Saat bawang dipotong menggunakan pisau, jadi sel-sel di dalam bawang itu pecah dan mengakibatkan asam


amino dalam bawang terpecah jadi asam sulfur. Asam sulfur ini lalu disusun kembali oleh enzim spesifik, sebagai konsekuensinya akan menghasilkan gas s-oxide propanethial yaitu volatil.

Gas Volatil ini terangkat ke udara dan meraih mata kita. Saat masuk ke mata bakal aktifkan sensor neurons yang ada di mata dan menimbulkan sensasi seperti menyengat. Mata lalu bereaksi dengan mengeluarkan air mata dari kelenjar air mata untuk menghilangkan iritasi.

Supaya mata kita tidak berair, saat kita memotong bawang, kita bisa melakukanya dengan merendam dengan air sebelumnya atau saat memotongnya. Sampai zat itu larut di air dan tidak berkaitan mata kita.
Terbongkar Sudah Ini dia Alasan Di Balik Misteri Mengapa Kita Menangis Ketika Mengiris Bawang? Terbongkar Sudah Ini dia Alasan Di Balik Misteri Mengapa Kita Menangis Ketika Mengiris Bawang? Reviewed by Unknown on 12:57 AM Rating: 5