[HEBOH] Inilah 5 Fakta Misteri di balik kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 yang tidak banyak ketahui umum. Baca Selengkapnya...


1. Hubungan Pada Revolusi Indonesia serta Hollywood Memang Dekat. 

Tiap-tiap 1 Juni, senantiasa diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila semasa Presiden Soekarno. Pada 1956, momen itu “hampir dengan cara kebetulan” dirayakan di sebuah hotel Hollywood. 

Bung Karno saat itu mengundang aktris legendaris, Marylin Monroe, untuk satu makan malam di Hotel Beverly Hills, Hollywood. Ada di antaranya Gregory Peck, George Murphy dan Ronald Reagan (25 tahun kemudian jadi Presiden AS). 

Yang unik dari pesta menjelang Hari Lahir Pancasila itu, yaitu kebodohan Marilyn dalam hal protokol. Pada pesta itu, Maryln menyapa Bung Karno bukan dengan “Mr. President” atau “Your Excellency”, tetapi dengan “Prince Soekarno”. 

2. Setting Revolusi di Indonesia Diangkat Ke Dalam Film 

Ada lagi hubungan erat pada 17 Agustus dan Hollywood. Judul pidato 17 Agustus 1964, 'Tahun Vivere Perilocoso' (Tahun yang Penuh Bahaya), sudah jadikan judul sebuah film 'The Year of Living Dangerously'. Film itu menceritakan pegalaman seseorang wartawan Australia yg ditugaskan ke Indonesia pada 1960-an, pada detik2 menjelang peristiwa berdarah th 1965. Pada 1984, film yang dibintangi Mel Gibson itu mendapat Oscar untuk kategori film asing. 

3. Bendera Merah Putih dan Perayaan Tujuh Belasan Bukan Hanya di Indonesia 

Bendera Merah Putih dan perayaan tujuh belasan bukanlah monopoli Indonesia. Corak benderanya sama dengan corak bendera Kerajaan Monaco dan hari kemerdekaannya sama dengan hari proklamasi Republik Gabon (sebuah negara di Afrika Barat) yang merdeka 17 Agustus 1960. 

Selain itu, masih jadi perdebatan apakah lagu Indonesia Raya benar-benar merupakan karya asli WR Supratman, atau mungkin 'terinspirasi' oleh lagu Perancis, 'Les Marseilles', yg memiliki beberapa suara yg begitu serupa? 

4. Kalimantan Dipimpin 3 Kepala Negara 

Menurut Proklamasi 17 Agustus 1945, Kalimantan yakni bagian integral wilayah hukum Indonesia. Kenyataannya, pulau itu paling unik di dunia. Di pulau itu, ada 3 kepala negara yang memerintah. Presiden Soeharto (memerintah 4 wilayah provinsi), PM Mahathir Mohamad (Sabah dan Serawak, Malaysia), dan Sultan Hassanal Bolkiah (Brunei Darussalam). 


5. Ibukota Negara Indonesia Berpindah Sampai Tiga Kali 

Belum ada negara di dunia ini, yang memiliki ibukota hingga tiga dalam kurun saat relatif singkat. Pada 1945 serta 1948, Indonesia memiliki 3 ibukota, yaitu : Jakarta (1945-1946), Yogyakarta (1946-1948), dan Bukittinggi (1948-1949). 

Demikian misteri-misteri seputar proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Sejarah yang begitu sakral untuk semua rakyat Indonesia, karena berawal dari sanalah Indonesia bisa jadi satu negara yang merdeka, mandiri, yang tidak lagi ditindas oleh kesemena-menaan para bangsa penjajah. 

Tugas kita semuanya untuk selalu mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Repoblik Indonesia. 

JANGAN LUPA DI SHARE YAH..
[HEBOH] Inilah 5 Fakta Misteri di balik kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 yang tidak banyak ketahui umum. Baca Selengkapnya... [HEBOH] Inilah 5 Fakta Misteri di balik kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 yang tidak banyak ketahui umum. Baca Selengkapnya... Reviewed by Unknown on 11:19 PM Rating: 5